Cara Instalasi DRUPAL pada Windows 7


DRUPAL adalah salah satu program Web Desain yang bersifat open source, mudah dijalankan, bahkan bagi orang awam sekalipun dapat membuat / membangun sebuah halaman web yang profesional. Karena inilah banyak digunakan oleh para pengembang Web dalam membangun sebuah aplikasi Web baik untuk personal web, Komunitas Sosial, Perusahaan, Komersial dan lain-lain.

Untuk instalasi DRUPAL V.6.19 atau diatasnya sangat mudah yang pasti anda memiliki komputer/laptop dan pastikan kalau XAMPP (Aplikasi WebServer yang berbasis Apache, PHP, dan MySQL) juga telah terinstal didalamnya. Untuk instalasi XAMPP bisa anda lihat disini

Jika anda belum memiliki software DRUPAL silahkan download DISINI.

Lakukan ekstraksi file yang sudah anda download tadi kemudian buat sebuah folder pada xampp untuk menyimpan file-file yang sudah diekstrak dengan nama www.drupal.com (ini hanya contoh...bisa dengan nama apa saja sesuai keinginan anda) sehingga menghasilkan : D:\xampp\hotdocs\www.drupal.com (Saya memakai drive D: karena saya menginstal xampp pada drive tersebut)

Copy dan paste semua file dan folder yang sudah diekstrak tadi pada folder yang anda sudah buat :


Klik folder "D:\xampp\hotdocs\www.drupal.com\sites\default\" (Tanpa tanda kutip) kemudian copy paste file default.settings.php lalu rename menjadi file settings.php sehingga tampak seperti dalam screenshot berikut :

Sampai disini kegiatan ekstraksi sudah selesai.

Selanjutnya aktifkan xampp dan pastikan layanan Apache dan MySQL dlm keadaan "running"

Langkah selanjutnya buka browser dan ketik http://localhost/phpmyadmin untuk membuat database. Disini saya menggunakan db_drupal untuk nama database. Lihat screenshot dibawah ini :


Setelah database db_drupal dibuat selanjutnya tentukan pengguna (username, password) dan hak-hak privilages dalam mengakses database tersebut seperti GRANT, OPEN, EDIT, DELETE, FILE, SELECT, INSERT, UPDATE, CREATE, ALTER, INDEX, dan DROP,.. seperti pada screenshot dibawah ini :

Setelah anda klik Go.., maka selesailah pembuatan date base untuk DRUPAL. Kemudian melangkah untuk Instalasi DRUPAL.

Tinggalkan Phpmyadmin, buka browser anda kemudian ketik
http://localhost/www.drupal.com/install.php dan proses intalasi dijalankan. Apabila instalasi anda sukses maka dibrowser anda akan tampak seperti ini :

Pada proses ini anda diminta memilih bahasa untuk DRUPAL anda, karena Bahasa Indonesia belum ada maka silahkan klik "Install Drupal in English" dan proses instalasi akan dilanjutkan.....

Pada langkah ini anda diminta untuk mengkonfigurasikan database yang telah dibuat tadi.., isilah form-form tersebut dengan nama database berikut username dan pasword untuk pengguna database tersebut (diisi sesuai yg dibuat melalui Phpmyadmin) kemudian klik save and continue, apabila konfigurasi tersebut berhasil maka selesailah sudah proses instalasi dan setup database untuk Drupal anda kemudian akan nampak pada browser anda seperti ini :

Pada tahap ini anda memasuki tahap dimana DRUPAL akan melakukan instalasi site yang anda akan buat... isilah form-form diatas dengan memasukkan nama site (Ganti tulisan localhost diatas dengan mana site yang anda inginkan misalnya My Website dll) isi email address dan pasword.. setelah itu klik save and continue maka akan tampak sseperti dibawah ini :


Karena anda hanya bekerja pada webserver lokal di computer anda maka pesan kesalahan diatas diabaikan saja.

Semua Proses instalasi disebalah kiri "tercentang" dan sudah ada pesan "Drupal Installation Complete"kemudian langsung klik "Your New Site" Maka anda siap membangun website dengan menggunakan DRUPAL...

Apabila anda mengikuti langkah-langkah tersebut diatas dengan benar maka saya yakin proses instalasi anda sukses 99%

Selamat Mencoba dan Sukses buat anda... !!!

Sign up for OKPAY and start accepting payments instantly.

Live Chart